Kabupaten Bojonegoro

Kabupaten Bojonegoro

0 VIEWS
Lambang Kabupaten Bojonegoro
Lambang Kabupaten Bojonegoro


Kabupaten Bojonegoro adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur, dengan ibu kota Bojonegoro.
Kabupaten Bojonegoro berbatasan langsung dengan 5 Kabupaten, yaitu dibagian utara dengan Kabupaten Tuban, bagian timur dengan Kabupaten Lamongan, bagian selatan dengan Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Ngawi, serta bagian barat dengan Kabupaten Blora (Jawa Tengah). Bagian barat Bojonegoro (perbatasan dengan Jawa Tengah) merupakan bagian dari Blok Cepu, salah satu sumber deposit minyak bumi terbesar di Indonesia.


Geografi
Wilayah Kabupaten Bojonegoro secara geografis terletak pada posisi 112°25'–112°09' Bujur Timur dan 6°59'–7°37' Lintang Selatan. Kabupaten Bojonegoro dialiri sungai Bengawan Solo yang mengalir dari selatan, menjadi batas alam dengan Provinsi Jawa Tengah, kemudian mengalir ke arah timur, di sepanjang wilayah utara Kabupaten Bojonegoro. Bagian utara merupakan Daerah Aliran Sungai Bengawan Solo yang cukup subur dengan pertanian yang ekstensif. Kawasan pertanian umumnya ditanami padi pada musim penghujan, dan tembakau pada musim kemarau. Bagian selatan adalah pegunungan kapur, bagian dari rangkaian Pegunungan Kendeng. Bagian barat laut (berbatasan dengan Jawa Tengah) adalah bagian dari rangkaian Pegunungan Kapur Utara. Kota Bojonegoro terletak di jalur Surabaya-Cepu-Semarang. Kota ini juga dilintasi jalur kereta api jalur Surabaya-Semarang-Jakarta.

Batas wilayah
Batas-batas wilayah Kabupaten Bojonegoro adalah sebagai berikut:
Utara Kabupaten Tuban
Timur Kabupaten Lamongan
Selatan Kabupaten Ngawi, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Nganjuk
Barat Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Topografi
Keadaan topografi Kabupaten Bojonegoro didominasi oleh keadaan tanah yang berbukit yang berada di sebelah selatan (Pegunungan Kapur Selatan) dan sebelah utara (Pegunungan Kapur Utara) yang mengapit dataran rendah yang berada di sepanjang aliran Bengawan Solo yang merupakan daerah pertanian yang subur. Wilayah Kabupaten Bojonegoro didominasi oleh lahan dengan kemiringan yang relatif datar. Sebanyak 91,26% wilayah Kabupaten Bojonegoro memiliki kemiringan antara 0-15%. Permukaan tanah di Kabupaten Bojonegoro rata-rata berada pada ketinggian dari permukaan laut yang relatif rendah, yaitu berada pada ketinggian antara 25–500 meter di atas permukaan laut.[3]

Geologi
Jenis tanah di Kabupaten Bojonegoro terdiri dari Alluvial, Grumosol, Litosol dan Medeteran. Jenis tanah yang paling banyak dijumpai di wilayah ini adalah jenis tanah Grumusol dengan persentase 38,55% dari keseluruhan wilayah Kabupaten Bojonegoro, kemudian diikuti oleh jenis tanah Litosol sebesar 22,05% dari luas wilayah Bojonegoro, lalu diikuti oleh jenis tanah Alluvial sebesar 20,09% dan jenis tanah Medeteren sebesar 19,31%.

Iklim
Kabupaten Bojonegoro beriklim muson tropis (Am) yang mempunyai dua musim yang dipengaruhi oleh angin muson, yaitu musim penghujan yang dipengaruhi oleh angin muson barat daya–barat laut yang bersifat basah dan lembab dan musim kemarau yang dipengaruhi oleh angin muson timur–tenggara yang bersifat kering dan dingin. Musim kemarau berlangsung pada bulan Mei–Oktober dengan rata-rata curah hujan di bawah 120 mm per bulan dengan bulan terkering yaitu bulan Agustus. Sementara itu, musim penghujan berlangsung antara bulan November–April dengan rata-rata curah hujan lebih dari 150 mm per bulan dengan bulan terbasah yaitu bulan Januari. Suhu udara rata-rata di wilayah Bojonegoro berkisar antara 21°–33°C. Tingkat kelembapan nisbi di wilayah Bojonegoro adalah ±77%.

Kecamatan di Bojonegoro
Daftar Nama Kecamatan di Bojonegoro:
  1. Kecamatan Balen
  2. Kecamatan Baureno
  3. Kecamatan Bojonegoro
  4. Kecamatan Bubulan
  5. Kecamatan Dander
  6. Kecamatan Gayam
  7. Kecamatan Gondang
  8. Kecamatan Kalitidu
  9. Kecamatan Kanor
  10. Kecamatan Kapas
  11. Kecamatan Kasiman
  12. Kecamatan Kadewan
  13. Kecamatan Kedungadem
  14. Kecamatan Kepohbaru
  15. Kecamatan Margomulyo
  16. Kecamatan Malo
  17. Kecamatan Ngambon
  18. Kecamatan Ngasem
  19. Kecamatan Ngraho
  20. Kecamatan Padangan
  21. Kecamatan Purwosari
  22. Kecamatan Sekar
  23. Kecamatan Sugihwaras
  24. Kecamatan Sukosewu
  25. Kecamatan Sumberejo
  26. Kecamatan Tambakrejo
  27. Kecamatan Temayang
  28. Kecamatan Trucuk

Kabar terbaru dari Bojonegoro

loading...

Subscribe to receive free email updates: