Berantas Hama Tikus, Pangulu Marihat Raja Berikan Bantuan Racun dan Bayar Seribu Rupiah per Ekor kepada Petani

0 VIEWS

Desa Marihat Raja, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun - Sumatera Utara | KADESKEL
Pangulu(Kepala Desa) Marihat Raja, Haposan Butar Butar berikan bantuan racun hama tikus berupa kerang campur zinposvit kepada petani di Huta(Dusun) Bahkisat, Huta Blok X dan Huta Sagala Dolok, Nagori Marihat Raja, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun - Sumatera Utara, Sabtu, 02 Mei 2020.

Pemberian racun hama tikus itu dilakukan Haposan Butar Butar dalam rangka memberantas hama tikus yang mulai menyerang tanaman padi petani di wilayah Nagori(Desa) Marihat Raja.
Foto: Ilustrasi hama tikus serang tanaman padi petani

Selain membagikan racun hama tikus, Haposan juga berbagi pengalaman tentang cara penanganan serangan hama tikus yang lebih efisien di persawahan pribadinya kepada para petani yang juga adalah warganya.

Menurut pengalamannya, sebaiknya pengaplikasian racun hama tikus menggunakan media garong-garong(bambu bulat yang dipotong pangkal/ruasnya). Umpan racun tikus berupa kerang campur zinposvit diletakkan di dalam garong-garong. Hal ini bertujuan agar umpan/racun tikus tersebut tidak terkena hujan dan bisa bertahan sampai dua minggu.

Untuk memacu semangat petani, Haposan Butar Butar juga membuat semacam sayembara, dimana Haposan Butar Butar berjanji akan membayar ekor tikus yang berhasil ditemukan petani seharga Rp. 1.000,- per ekor.

Foto: Haposan Butar Butar (Pangulu Marihat Raja) berikan bantuan racun hama tikus kepada petani

Para petani di Marihat Raja pun menyambut upaya pemberantasan hama tikus di nagori Marihat Raja tersebut dangan sangat antusias.
Foto: Para petani sangat antusias dengan pemberantasan hama tikus

Haposan Butar Butar mengucapkan berterima kasih dan sangat mengapresiasi antusias para petani.
Ia juga menyampaikan dalam beberapa hari kedepan akan mengadakan kegiatan serupa di Huta Sagala Toruan dan Sagala Timbaan sambil berharap semoga tanaman padi di Nagori Marihat Raja terbebas dari serangan hama tikus.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berantas Hama Tikus, Pangulu Marihat Raja Berikan Bantuan Racun dan Bayar Seribu Rupiah per Ekor kepada Petani"

Posting Komentar

Mohon tinggalkan komontar Anda ✍👇