Pemerintah Desa Rowobranten Laksanakan Program Padat Karya Tunai (PKT)

0 VIEWS

Desa Rowobranten, Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal - Jawa Tengah | KADESKEL Program Padat Karya Tunai (PKT) yang di canangkan pemerintah mulai Januari 2018 merupakan program  pemberdayaan masyarakat desa, khususnya masyarakat miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Berdasarkan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pengaturan desa bertujuan antara lain untuk memajukan perekonomian masyarakat desa, mengatasi kesenjangan pembangunan, serta memperkuat masyarakat desa sebagai subyek pembangunan.
Pelaksanaan program padat karya di Desa Rowobranten ini diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Rowobranten, sehingga terjadi pemerataan ekonomi ke perdesaan sekaligus untuk mengatasi kesenjangan
Program padat karya tahun 2018 yang dirancang oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dipastikan mampu menyerap banyak tenaga kerja dengan upah yang dibayarkan baiksecara harian maupun mingguan. Untuk pembangunan infrastruktur di desa, program padat karya tunai antara lain mencakup program percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3TGAI), operasi dan pemeliharaan (OP) irigasi, pengembangan Infrastruktur sosial dan ekonomi wilayah (PISEW).
Di desa Rowobranten khususnya, pemeliharaan sarana irigasi lebih menjadi prioritas karena sumber pendapatan ekonomi masyarakat tertumpu pada sektor tersebut. Pelaksanaan kegiatan tahap I yang di awali dari saluran irigasi tersier yang ada di depan Balai Desa di wilayah RT.03/01 direncanakan akan di targetkan sampai batas ujung desa sebelah utara wilayah Dusun Rowoaking RT.01/01, demikian uangkap Kadus I Bapak Atmo Soetarjo yang dalam hal ini sebagai Ketua Tim Pelaksana Lapangan.

Dari beberapa uraian masyarakat juga terungkap, dengan adanya kegiatan Padat Karya Tunai ini, apresiasi yang tak henti-hentinya sebagai ungkapan rasa bahagia dapat menikmati uluran tangan Pemerintah dalam peningkatan sumber pendapatan ekonomi mereka.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemerintah Desa Rowobranten Laksanakan Program Padat Karya Tunai (PKT)"

Posting Komentar

Mohon tinggalkan komontar Anda ✍👇