Desa Waturejo Ditetapkan Sebagai Dewi PKK

0 VIEWS
Desa Waturejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang - Jawa Timur | KADESKEL
Brbagai Program pengembangan pariwisata terus diupayakan Pemkab Malang.
Terbaru, Pemkab Malang melaunching Desa Waturejo, Kecamatan Ngantang sebagai Desa Wisata (Dewi) berbasis PKK, Sabtu (28/7).

Launching itu, dimulai dengan pemukulan kentongan secara simbolis oleh Bupati Malang, Rendra Kresna.

Usai memukul kentongan, dilanjutkan pengguntingan pita yang dilakukan Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten, Hj Jajuk Rendra Kresna.

Kemudian, keduanya melakukan peninjauan desa dan stand aneka produk UMKM.
Dalam launching itu turut dihadiri Wakil Bupati Malang, H. M Sanusi dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Ir Didik Muljono.

“Saya bangga terhadap Desa Waturejo yang mampu mengembangkan potensinya menjadi desa wisata berbasis PKK. Mayarakat Desa Waturejo secara swadaya mampu mengembangkan potensi-potensi yang ada di desanya. Ini patut diapresiasi,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pembangunan yang ada di desa seperti di Desa Waturejo ini merupakan bukti mendukung program pemerintah pusat, dalam hal ini program membangun Indonesia dari pinggiran.

“Ini merupakan wujud mendukung program nasional membangun Indonesia dari pinggiran,” jelasnya.

Menurut dia, Desa Waturejo ini bisa menjadi contoh untuk memacu desa lainnya untuk bisa dikembangkan sesuai potensinya.

“Sumber pendanaan yang dilakukan secara mandiri oleh Desa Waturejo ini menjadi bukti keguyuban dan kerukunan serta partisipasi masyarakat yang sangat tinggi,” kata pria asal Pakis tersebut.

Lebih lanjut, Rendra juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan PKK.
Beberapa inovasi mulai dikembangkan. Dari sisi edukasi, mulai dari Pondok Jampi, Posyandu Cilukba (Ceria Imut Lucu Bahagia), Gerakan Cinta Paksa (cuci tangan pakai sabun) dan KRPL di tiap rumah warga.

“Seluruh inovasi PKK tersebut sudah berjalan dari tahun 2016 lalu dan inovasi terbaru adalah Desa Wisata PKK ini,” katanya.

Dijelaskan, pengembangan pariwisata terus digencarkan dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

“Maka dari itu, saya mengajak seluruh desa supaya mengembangkan inovasinya dalam bidang apapun terlebih pariwisata. Tentunya pemerintah memberikan dukungan berupa pembinaan, bantuan serta pelatihan,” pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Desa Waturejo Ditetapkan Sebagai Dewi PKK"

Posting Komentar

Mohon tinggalkan komontar Anda ✍👇