2019, Seluruh Desa di Kawasan Danau Toba 100 Persen Masuk Listrik

0 VIEWS
Foto : Foto bersama usai gelar seminar bertajuk Menuju Elektrifikasi Desa 100 Persen di Kawasan Danau Toba yang digelar di Gedung Serbaguna SMA Unggul DEL, Laguboti, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Jumat (27/7).

Desa Sitoluama, Kecamatan lagu Boti, Kabupaten Toba Samosir - Sumatera Utara | KADESKEL DPD RI menggelar seminar bertajuk bertemakan “Menuju Elektrifikasi Desa 100 Persen di Kawasan Danau Toba” yang digelar di Gedung Serbaguna SMA Unggul DEL, Laguboti, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Jumat (27/7).

Ditarget, tahun depan desa di 8 kabupaten kawasan Danau Toba akan masuk listrik.

Seminar kerja sama Kementerian ESDM RI, PT PLN, Pemprovsu, Akademisi Perguruan Tinggi dan sejumlah tokoh itu juga dihadiri perwakilan pemerintah dari 8 kabupaten kawasan Danau Toba, yaitu Tobasa, Taput, Humbahas, Samosir, Dairi, Karo, Pakpak Bharat dan Simalungun.

"Hasil pertemuan ini sudah konkret, karena PLN, ESDM dan para bupati sekawasan Danau Toba hadir. Intinya sudah ada komitmen, bahwa 2019 seluruh listrik desa harus terealisasi 100 persen di Kawasan Danau Toba," tutur Parlindungan Purba SH MM, Selaku Ketua Komite II DPD Seminar usai RI.

Untuk mendukung program tersebut, seluruh kepala daerah diminta untuk mendata ulang wilayah masing-masing yang belum masuk listrik. Hasil pendataan harus diserahkan kepada PLN dan ESDM paling lama 31 Agustus 2018. ya pembangunannya dapat terealisasi tahun ini.

"Pembiayaan sudah masuk APBN tahun ini," jelasnya.

"Disamping itu, dalam mendukung tempat-tempat Danau Toba, perlu diberiikan khusus untuk objek-objek yang berhubungan dengan pariwisata seperti halnya listrik, pelabuhan, dan fasilitas umum lainnya, termasuk sekolah. "Pemda masing-masing siapkan fasilitas, listrik tertulis PLN," ungkapnya.

Menurutnya, dengan kepedulian berbagai pihak khusus warga Tapanuli, Pariwisata Danau Toba pasti terbangun. Seperti pembinaan dari Luhut B Panjaitan yang saat ini disebut sebagai Menkomaritim, juga para tokoh-tokoh yang memberi hati dan pikiran untuk Danau Toba

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2019, Seluruh Desa di Kawasan Danau Toba 100 Persen Masuk Listrik"

Posting Komentar

Mohon tinggalkan komontar Anda ✍👇